Penyebab SMS Blast Gagal Terkirim

Apabila sms mengalami kegagalan dalam pengiriman SMS Blast menggunakan aretasoft kemungkinan ada beberapa hal dibawah ini yang perlu diketahui.

  1. Simcard yang ada dalam modem belum terkoneksi dengan aretasoft. Cek modem tersebut terinstall di computer tersebut di port com berapa? Caranya cek melalui Device Manager. Bila sudah diketahui modem tersebut di port com misalnya sebagai contoh adalah port “ COM 3 “ maka kembali kita sinkronkan dengan setingan modem di aretasoft. Caranya melalui menu seting dan lihat setingan modem di aretasoft apakah sudah sama misalnya “ COM 3 “ Bila belum sama silahkan disamakan melalui menu edit, biasanya dengan begitu apabila aplikasi sms blast aretasoftnya kita START di menu engine sudah muncul signal dan bila digunakan untuk sms blast akan berjalan normal.
  2. Apabila signal sudah OK namun sms masih gagal. Hal tersebut bisa terjadi dan kemungkinan penyebabnya adalah simcard kena blokir sementara oleh provider. Simcard kita bisa kena blokir karena dinilai sebagai spam oleh provider. Salah satu penyebabnya adalah kirim sms blast terlalu cepat. Hal ini bisa dikurangi resikonya dengan menggunakan fiitur JEDA. Kita bisa seting JEDA antar sms mulai dari 1 detik sampai 60 detik. Semakin tinggi jeda tentunya semakin aman walau waktu yang dibutuhkan untuk kirim sms menjadi lebih lama karena ada jeda antara sms. Selain kecepatan kirim, materi atau konten sms juga bisa diblokir oleh provider, biasanya ada filter kata kata tertentu yang diblokir, biasanya yang mengandung SARA dan lain lain. Ada juga kata kata tertentu yang di blokir karena laporan dari penerima sms yang melaporkan sebagai spam. Jadi saran kami apabila sms gagal coba cek dengan sms ke 1 nomor dengan materi sms “ TES “ saja. Bila dengan TES bgitu berhasil artinya konten sms sebelumnya yang menyebabkan gagal dan silahkan ubah konsten smsnya.
  3. Ini jarang terjadi tapi bisa terjadi. Sms blast terkirim namun tidak masuk ke hp penerima. Kemungkinan penyebabnya adalah dari sisi simcard. Bisa jadi karena masalah jaringan provider yang sedang penuh atau down. Penyebab lain bisa karena collect sms ( biasanya dari telkomsel ). Atau bisa jadi kartunya kena blokir. Untuk mengetahui penyebabnya silahkan coba denga kartu lain. Biasanya dengan menggunakan kartu lain yang normal akan terkirim. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh programmer aretasoft, keberhasilan pengiriman sms sekitar 90%.

Demikian sekilas info mengenai beberapa hal yang menyebabkan gagal sms blast semoga bermanfaat !

2 Replies to “Penyebab SMS Blast Gagal Terkirim”

    1. Sejauh ini kita biarkan satu dua hari akan pulih kembali dan bisa digunakan lagi, namun menurut info dari para klien kami kini kartu XL bila terblokir harus dibuka ke gerai XL, demikian info dari kami, terima kasih atensinya di web kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *